• HASIL DRAWING DAN JADWAL PERTANDINGAN AREMA FC


    Drawing grup AFC Champions League atau di tanah air lebih dikenal dengan nama Liga Champions Asia (LCA) telah rampung. Dari 32 klub yang berlaga, Arema FC berada di grup G, pool East Asia, satu atap dengan klub Jepang, Korea dan China.


    Digelar di hotel Petaling Jaya, Kuala Lumpur Malaysia, Selasa (7/12), drawing yang dihelat oleh otoritas sepakbola tertinggi di Asia tersebut menghasilkan agenda pertemuan klub-klub raksasa langganan LCA dan newcomers.
    Layaknya drawing yang kerap menghasilkan grup ‘neraka’, drawing kai ini juga ‘sukses’ menjadikan grup A sebagai ‘group of death’. Betapa tidak, raksasa Saudi, Al Hilal yang masuk empat besar di LCA 2010 akan saling sikut dan wakil Uni Emirat Arab (UEA) Al Jazira.
    Sementara itu, Arema berada satu atap dengan Cerezo Osaka (Jepang), Shandong Luneng (China), serta juara LCA 2006 Jeonbuk Hyundai Motors (Korea) di pool East Asia grup G. Tiga lawan yang sama sekali belum diketahui kekuatannya oleh Pierre Njanka dkk.
    Dari tiga lawan Arema, tentu masih segar di ingatan pecinta sepakbola nasional saat Shandong Luneng menghajar Sriwijaya FC (SFC) lima gol tanpa balas di tahun 2009 dan SFC akhirnya bisa membalas dengan kemenangan di Jaka Baring dengan skor 4-2 (gol dicetak oleh Keith Kayamba Gumbs, Zah Rahan, dan M. Nasuha) meski akhirnya SFC juga tersisih dari LCA saat itu.
    Akankah Arema bisa menjadi tim pertama asal Indonesia yang lolos dari fase grup? Layak disimak kiprah anak asuh Miroslav Janu, mengingat sang pelatih pernah punya memori bersama skuad Arema di LCA 2007 saat masih diperkuat Ponaryo Astaman, Sunar Sulaiman dan Pato Morales.
    AFC Champions League 2011 – Group Stage draw:
    West Asia
    Group A
    1 Al Hilal (KSA)
    2 Al Gharafa (QAT)
    3 Al Jazira (UAE)
    4 Sepahan (IRN)
    Group B
    1 Esteghlal (IRN)
    2 Al Nassr (KSA)
    3 Pakhtakor (UZB)
    4 Pemenang ‘West’ Play-off
    Group C
    1 Al Wahda (UAE)
    2 Piroozi (IRN)
    3 Al Ittihad (KSA)
    4 Bunyodkor (UZB)
    Group D
    1 Al Rayyan (QAT)
    2 Emirates (UAE)
    3 Zob Ahan (IRN)
    4 Al Shabab (KSA)
    East Asia
    Group E
    1 Jeju United (KOR)
    2 Melbourne Victory (AUS)
    3 Gamba Osaka (JPN)
    4 Tianjin Teda (CHN)
    Group F
    1 Hangzhou Greentown (CHN)
    2 FC Seoul (KOR)
    3 Pemenang ‘East’ Play-off *
    4 Nagoya Grampus (JPN)
    Group G
    1 Cerezo Osaka (JPN)
    2 Shandong Luneng (CHN)
    3 Jeonbuk Hyundai Motors (KOR)
    4 Arema FC (INA)

    Group H
    1 Sydney FC (AUS)
    2 Winner of Emperor’s Cup or Kashima Antlers (JPN)
    3 Shanghai Shenhua (CHN)
    4 Suwon Samsung Bluewings (KOR)
    *Play-Off 1 12 Feb 2011 Muangthong United (Thailand) vs Sriwijaya FC
    Play-Off 2 19 Feb 2011 Pemenang Play-off 1 vs Al Ain (UAE)

    Meski bukan berada di grup maut, ketiga lawan Arema di ajang Liga Champions Asia (LCA) di atas kertas memang levelnya ada di atas Singo Edan. Simak peta kekuatan lawan Arema dan jadwal match day-nya.
    Berada di grup G, Arema akan menghadapi jawara LCA 2006, Jeonbuk Hyundai Motors asal Korea yang bertengger di peringkat 3 K-League Korea Selatan. Berikutnya ada pemuncak Chinese Super League, Shandong Luneng yang sudah lima kali mencicipi kerasnya LCA, sedangkan Arema baru dua kali.
    Debutan LCA musim ini, Cerezo Osaka yang juga finish di urutan 3 J-League sama sekali juga tidak bisa dianggap enteng. Meski debutan, tapi perlu ditilik juga jika Arema adalah produk ISL, liga yang ‘hanya’ berada di posisi 8 di Asia. Coba bandingkan dengan J-League, liga paling komersil dan kompetitif di Asia, sedangkan K-League dan Chinese Super League menduduki peringat kedua dan ketiga di liga domestik Asia.
    Lantas bagaimanakah komentar pelatih Arema, Miroslav Janu terkait dengan hasil drawing yang dilangsungkan di Kuala Lumpur, Malaysia (7/12) tersebut?
    “Saya sudah lihat hasil drawing. Saya tidak mau berbicara soal target tim,” ujarnya seperti dilansir oleh Jawa Pos (8/12).
    Sementara itu, meski tak pasang target, pelaksana harian Arema, Abriadi Muhara berharap jika Arema bisa survive dan tak menjadi ‘bulan-bulanan’ oleh ketiga lawannya di level Asia tersebut.
    “Peluang kami memang berat. Realistis saja memang berat menghadapi tiga tim di grup G. Tapi kami yakin Janu bisa memberikan motivasi pemain untuk meladeni permainan tiga tim itu.”
    Jadwal Pertandingan Arema AFC ACL 2011
    Match Day 1
    Rabu, 02/03/2011, Cerezo Osaka (Jpn) Vs Arema FC
    Osaka Nagai Stadium, Osaka
    Match Day 2
    Rabu, 16/03/2011, Arema FC VS Joenbuk Hyundai Motors (Kor)
    Kanjuruhan Stadium, Malang
    Match Day 3
    Selasa, 05/04/2011, Arema FC VS Shandong Luneng (Chn)
    Kanjuruhan Stadium, Malang
    Match Day4
    Rabu, 20/04/2011, Shandong Luneng (Chn) Vs Arema FC
    Shandong Sports Centre Stadium, Jinan
    Match Day 5
    Selasa, 03/05/2011, Arema FC VS Cerezo Osaka (Jpn)
    Kanjuruhan Stadium, Malang
    Match Day 6
    Selasa, 10/05/2011, Joenbuk Hyundai Motors (Kor) Vs Arema FC
    Jeonju World Cup Stadium, Jeonju


    sumber

0 Coment:

Posting Komentar