• KUNCI SUKSES UAN

    1. SEHAT
    Agak standar tapi banyak pelajar males memerhatikan kesehatannya. Soalnya, kalo udah belajar, lupa waktu sih.. hehehe padahal, sehat menjelang ujian penting banget diperhatikan. Kalo peserta ujiannya nggak srhat alias penyakitan, soal-soal yang ada di hadapan dijamin bisa semakin jelimet. Nah, kalo udah begini, jawabannya semakin nggak karuan dan hasilnya jelas nggak maksimal, Makanya, dalam menghadapi UAN mendatan, jaga fisik kamu.

    2. BELAJAR EKSTRA
    Yang pasti, bimbingan belajar ini penting banget. Karena dalam penambahan materi di tempat- tempat bimbingan belajar akan mempermudah kamu untuk memecah kan soal jauh labih cepat. Karena biasa dala bimbingan belajar cara-cara mengerjakan soal dengan cepat bisa di kasih tau. Dan yang pasti, dengan memperdalam materi pelajaran yang akan di uji akan melatih mental kamu dalam menghadapi soal.
    3. BERDOA
    Kesehatan udah di jaga benar-benar dan materi udah khatam. Sekarang, saatnya berdoa. Soalnya, berdoa boleh di bilang faktor X yang bisa membuat kamu melaju mulus dalam menghadapi ujian nasional. Hati lebih tenang. pikiran tajam, hasilnya pasti cemerlang.


    Ujian nasional menjadi suatu hal yang sangat mendebarkan bagi para siswa .kadangkala karena terlalu ingin mendapatkan hasil yang maksimal didalam ujian nasional ,siswa menjadi nervous ketika ujian nasional berlangsung.sehingga banyak diantara siswa yang sebenarnya mampu namun ketika ujian nasional berlangsung karena kecemasan yang timbul ,bisa jadi karena takut / khawatir jika tidak lulus nantinya .Hal ini akan menyebabkan siswa tidak konsen pada ujian nasional tersebut. beberapa contoh peristiwa kejadian unik ujian nasional terdahulu ,seperti banyaknya anak yang pintar ,rajin dan dianggap paling smart di kelasnya,genius ,excellent ,atau extra Ordinary yang ternyata tidak bisa lulus ujian nasional. Dan anak yang dianggap malas ,kurang pintar ,nilai selalu rendah yang ternyata hasilnya lulus ujian nasional un dengan hasil maksimal dan memuaskan .apakah ini suatu kebetulan ,takdir,atau fakta. .??

    2 TIPE ORANG YANG SERING GAGAL DALAM UJIAN NASIONAL

    1.ORANG JENIUS

    Saat ini berhasil bukan berarti besok otomatis akan berhasil lagi.tanpa ada kesiapan yang lebih matang dan berjuang lebih keras lagi ,sangat mustahil untuk untuk mempertahankan keberhasilan.begitu juga dengan orang jenius akan mungkin saja tidak bisa berhasil dalam uan bila tidak ada perrjuangan yang lebih keras lagi.hidup adalah kemauan untuk berubah,itulah proses perjuangan ,life is struggle.

    Berikut ini yang akan mempengaruhi keberhasilan dalam ujian nasional ,menurut ANDRIE WONGSO motivator nomor 1 di Indonesia :
    1.tidak punya strategi dan tidak ada kemauan untuk berpraktek ,ini jelas akan gagal.
    2.punya teori dan dan tidak mau praktek ini juga akan gagal.
    3.tidak punya teori tapi mencoba untuk praktek ,walaupun lambat ini akan berhasil.
    4.punya teori dan menerapkannya.inilah tipe jenius yang akan sukses dalam hidupnya.

    Dan orang sering mengatakan strategi atau knowledge is power ,pengetahuan adalah kekuatan ,namun apabila pengetahuan ini tidak diaplikasikan maka tidak ada hasil yang di dapat.maka kata – kata diatas lebih tepat bila di katakan “knowledge is potential power”pengetahuan adalah tenaga potensial bisa bermanfaat ,bisa berhasil biladigunakan dalam hidupnya.action is power.orang bijak berkata “GENIUS = 1 % ,99% ACTION.
    Jadi ,jenius bukan jaminan untuk sukses ujian nasional.

    2.ORANG BODOH


    Bagaimana seorang yang tadinya dianggap bodoh ,agak terbelakang ,dan tidak punya harapan ,serta mempunyai rangking terendah dikelasnya bisa berubah ,menjadi orang yang paling sukses dalam UN.nah ,mari kita simak apa yang di katakan oleh ERNEST WONG :

    “YANG MENGHAMBAT KITA ADALAH KEYAKINAN YANG SALAH MENJADI KEYAKINAN YANG TEPAT (dari keyakinan “saya bodoh ,lulus saja susah”,menjadi “kalau orang lain bisa lulus UAN ,saya juga pasti bisa”.

    KUNCI SUKSES UJIAN NASIONAL

    1.Miliki tujuan yang mantap (missal ,saya harus lulus dengan nilai 100 dan setelah lulus saya harus masuk ITB/perguruan tinggi negeri)

    2.miliki strategi yang tepat untuk belajar.

    3.percaya bahwa tuhan memberi kemampuan kepada anda.

    4.percaya bahwa tujuan anda baik untuk kemajuan orang banyak dan baik untuk tuhan ,maka pasti anda akan diberkati.

    5.tekad dan kemauan anda untuk sukses harus kuat.

    6.terapkan prinsip ,”KALAU ORANG LAIN BISA SAYA JUGA BISA”

    7.percAya kepada tuhan bahwa segalanya bisa terjadi.

    8.Curahkan uang ,tenaga ,waktu dan pikiran untuk terus belajardan berjuang sampai anda mencapai tujuan anda.

    9.baca “mantra” ini berulang – ulang ,”TIDAK ADA KATA GAGAL YANG ADA HANYA SUKSES ATAU BELAJAR”

    10.berdo’a lah hanya kepada ALLAH S.W.T pasti ALLAH akan mengabulkan keinginan kita.

    ……..”YA ALLAH ,BERILAH KAMI KEBAIKAN DIDUNIA DAN KEBAIKAN DIAKHIRATMU YA ALLAH ,DAN BERILAH KAMI KEBAHAGIAAN DIDUNIA DAN KEBAHAGIAAN DIAKHIRAT YA ALLAH ,DAN JADIKANLAH KAMI SEMUA SISWA-SISWA INDONESIA AGAR LULUS UJIAN NASIONAL INI DENGAN NILAI TINGGI YA ALLAH….
    ………”YA ALLAH ,KAMI PENERUS BANGSA INDONESIA INI YA ALLAH ,BERILAH KAMI KESEMPATAN UNTUK MEMAJUKAN NEGERI INI DENGAN ILMU KAMI ,JADIKANLAH KAMI AGAR MENJADI PUTRA PUTRI BANGSA YANG BISA BERGUNA BAGI DIRI SENDIRI ,ORANG LAIN ,KELUARGA ,BANGSA ,NEGARA ,AGAMA ,DAN DUNIA YA ALLAH ,YA ALLAH ,KABULKANLAH DOA KAMI INI SEHINGGA KAMI BISA BERMANFAAT BAGI SEMUA….AMIN AMIN YA ROBBAL A LAMIN………



    PENUTUP

    UAN (ujian akhir nasional) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan standar pendidikan nasional yang akan memajukan kualitas edukasi di INDONESIA .tujuan pemerintah yang sangat baik ini semestinya harus kita dukung dengan mengsukseskannya. Kehadirannya menjadikan tolak ukur kemampuan siswa negeri ini ,dimana dengan diadakannya ujian nasional tersebut agar siswa lebih meningkatkan lagi Pendidikannya…..

    Kami mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan ini ,dan diharapkan agar memberikan komentar anda pada kotak komentar di bawah ini demi kemajuan pendidikan di negeri ini…….. wassalamualaikum wr.wb

0 Coment:

Posting Komentar